Assalamu'alaikum. Apa kabar teman-teman semua, semoga dalam keadaan sehat yaa.. Aamiin..

Banyak orang bilang, Bang Rasyiid murah senyum, mudah akrab sama teman-teman baru, dan berani, hehe..

Alhamdulillah.. Bang Rasyiid juga harus masih banyak belajar tentang itu semua. Dan suka ngikutin apa yang udah diajarin ibuk sama ayah.

Teman-teman mau tau nggak apa-apa aja yang harus dilakuin biar jadi berani dan punya banyak teman ? Ayok kita ikutin satu persatu.

1. Ikuti Ayah dan Ibu

Teman-teman, pasti kalian sering melihat kebiasaan ayah dan ibu ketika dirumah, atau di tempat umum. Misalnya menaruh sepatu di rak sepatu atau cara mereka berbicara dengan tetangga. Nah, ini adalah tugas orang tua ya untuk memberikan contoh perilaku yang baik untuk anak-anaknya. Sehingga, anak-anak dapat berperilaku baik saat di rumah ataupun di tempat umum.

2. Berikan Kebebasan

Sebagai anak, pasti ingin memiliki banyak teman. Ayah dan ibu harus bisa memberi kebebasan kepada anak-anaknya untuk belajar berekspresi ketika sedang bermain bersama teman-temannya. Atau ikutkan anak pada kegiatan-kegiatan seperti pramuka, olah raga, atau berbagai kegiatan lain yang bisa melatih anak-anak untuk berbaur dengan teman-temannya.

3. Perhatian Ayah dan Ibu

Ayah dan ibu memang selalu sibuk dengan kegiatannya. Tapi, anak tetap harus diperhatikan. Coba minta ayah dan ibu untuk sejenak mendengarkan keluh kesah teman-teman. Ceritalah tentang kegiatan yang sudah teman-teman lakukan sepanjang hari. Ayah dan ibu juga bisa bertanya lebih dulu, respon dengan baik semua ucapan anak. Anak akan sangat senang bila isi hatinya tersampaikan.

4. Mengajarkan Sikap Menghormati

Ayah dan ibu wajib mengajarkan anak-anaknya untuk bersikap menghormati orang lain. Misalnya, saat bertemu dengan orang yang di kenal, mintalah anak untuk menyapanya, Om, tante, kakak, dsb. Bang Rasyiid suka sekali menyapa tetangga yang Bang Rasyiid lihat, hehe..

5. Harus Percaya Diri

Ayah dan ibu bisa melatih anak berbicara di depan banyak orang. Misalnya saat kumpul keluarga. Anak bisa tampil sambil bercerita tentang kegiatannya hari, atau coba memperkenalkan dirinya.

Itu tadi beberapa tips agar anak bisa lebih berani dan percaya diri. Silakan dipraktekan dirumah, sekolah, atau tempay umum.

Terima kasihh semuaa..